Pengaruh Transformasi Digital Dalam Penggunaan Aplikasi Multiplatform | Kotak Baku


Perkembangan Era Digital dalam kehidupan Masyarakat

Era Digital adalah istilah yang digunakan pada kemunculan digital, jaringan internet khususnya pada teknologi informasi komputer. Selain internet seperti media cetak, telivisi, majalah, Koran dan lain-lain bukanlah termasuk dalam kategori media baru.

Era digital di Indonesia sendiri terjadi akibat adanya pergeseran budaya dan adanya pengaruh khususnya dari dunia luar dalam penyampaian informasi. Hal itu lah yang menyebabkan terjadinya perubahan Era di Indonesia yang dapat menjadi lebih baik atau bahkan sebaliknya.

Dapat kita lihat bahwa kemajuan teknologi yang ada di Indonesia memang sangat membantu masyarakat dalam melakukan berbagai macam hal, salah satunya dalam memperoleh informasi. Dalam Era Digital saat ini masyarakat dapat memperoleh informasi dimanapun mereka berada, berkat adanya kemajuan teknologi yang terjadi.


Apakah Dampak Dari Perkembangan Tersebut ?

Perkembangan Era Digital memang tidak dapat kita pungkiri banyak memberikan hal-hal Positif dalam kehidupan bermasyarakat, namun apakah ada dampak lain yang merupakan hal negatif bagi masyarakat ? Jawabannya tentu saja ada.

Pada suatu perubahan pasti memiliki dampak Positif maupun Negatif, lalu seperti apakah dampak yang dihasilkan dari perkembangan Era tersebut ?

Sebagai contoh ketika perusahaan media massa seperti majalah, koran dan sebagainya tidak mengikuti perkembangan zaman yaitu Era Digital, bisa dipastikan perusahaan tersebut akan mengalami kemunduran dikarenakan kebutuhan masyarakat dalam memperoleh informasi sudah beralih kepada media baru karena lebih dipermudah dengan adanya Teknologi Informasi kompuer.

Oleh karena itu perlu kesadaran akan suatu perubahan yang dapat menimbulkan dampak untuk menjadi lebih baik. Namun tidak semua dampak dari suatu perubahan akan mendapatkan hasil yang Positif, karena belum tentu semua masyarakat dapat mengikuti akan adanya perkembangan tersebut. Seperti layaknya masyarakat yang masih kesulitan dalam menggunakan teknologi yang ada pada Era Digital, ada pula masyarakat yang terjebak akan perkembangan tersebut.

Seperti contoh lain dalam suatu kegiatan belajar mengajar di Universitas. Ketika Dosen sedang menerangkan pelajaran di kelas, masih ada mahasiswa yang asik dengan Gadget mereka sendiri, dengan alasan memeriksa WhatsApp, Update Instagram, dan yang lainnya. Hal tersebut menandakan pengaruh yang tidak baik dalam Pemanfaatan Perkembangan Zaman Era Digital yang terjadi di Indonesia.


Peranan Aplikasi Multiplatform Pada Era Digital

Mengapa Bisa Disebut Era Digital ?
Dikatakan Era Digital karena pada saat ini pemanfaatan Teknologi Informasi Komputer sudah banyak digunakan dalam kehidupan masyarakat, karena hal tersebut lah yang menjadikan Istilah Era Digital pada saat ini.

Jika membahas Era Digital pasti tidak luput akan faktor yang mendukung dalam terjadinya kelangsungan Era tersebut, salah satunya dengan adanya Aplikasi Multiplatform yang tanpa kita sadari hal tersebutlah yang menjadi peranan penting dalam Era Digital.

Pada Era Digital, Aplikasi Multiplatform banyak sekali mengambil peran didalamnya. Karena dalam menjalani kegiatan sehari-hari kebanyakan masyarakat menggunakan Aplikasi Multiplatform untuk membantu menunjang kehidupan masyarakat.

Aplikasi Multiplatform sudah melipuli banyak hal. Seperti sarana Transportasi, Komunikasi, Sosial, Kegiatan Belajar Mengajar, Bermain dan lain sebagainya sudah didukung oleh berbagai macam Aplikasi Multiplatform yang bermunculan pada Era saat ini.
Lalu seperti apakah contoh Aplikasi tersebut ?
Mungkin tanpa kita sadari kita selaku masyarakat yang merasakan Era Digital saat ini pasti menggunakan Aplikasi Multiplatform dalam menunjang kedupan sehari-hari. Dalam melakukan kegiatan sehari-hari seperti bekerja, belajar, bermain dan sebagainya, kita menggunakan Aplikasi Multiplatform dalam menjalankannya.


Aplikasi Multiplatform dalam Sarana Transportasi

Penggunaan Aplikasi Multiplatform dalam sarana Transportasi sudah sangat sering digunakan pada Era ini, bahkan dapat dikatakan penggunaan Aplikasi tersebut merupakan langkah cerdas dalam pemanfaatan teknologi yang ada.

Sebagai Masyarakat yang hidup pada Era Digital saat ini, Sarana Transportasi dengan bantuan Aplikasi Multiplatform akan sangat membantu dalam melakukan keseharian kita, karena selain mendapatkan kemudahan dalam bepergian, juga biaya yang dikeluarkan relatif lebih terjangkau dibanding dengan menggunakan Transportasi Konvensional.

Sebagai contoh Aplikasi Multiplatform untuk Sarana Transportasi yaitu Grab dan Go-jek. Kedua Aplikasi tersebutlah yang mendominasi pasar transportasi online, meskipun ada kemungkinan di masa yang akan datang akan bermunculan Aplikasi Transportasi Online lainnya.

Selain memudahkan masyarakat dalam bepergian karena adanya Sarana Transportasi Online, sarana transportasi online ini juga dapat membuka lapangan pekerjaan yang dapat dihasilkan oleh aplikasi tersebut. Oleh karena itu, Aplikasi Multiplatform dalam Sarana Transportasi sangat membantu masyarakat dalam menjalani kehidpan.


Aplikasi Multiplatform dalam Sarana Sosial dan Komunikasi

Selain dari Sarana Transportasi, Aplikasi Multiplatform juga dapat berkembang dalam Sarana Sosial dan Komunikasi, karena hal itulah masyarakat sangat dimudahkan dalam kehidupan sosial maupun berkomunikasi dengan orang lain.

Dalam kehidupan bersosial dan berkomunikasi, hal itu sangat dibutuhkan karena kita selaku makhluk sosial sangat perlu berinteraksi dengan orang lain demi mendapatkan informasi maupun berhubungan dengan orang lain.

Dengan adanya bantuan Aplikasi, kehidupan masyarakat dalam bersosialisasi dan berkomunikasi menjadi lebih dipermudah, bayangkan jika tanpa adanya Aplikasi Multiplatform, maka semua kegiatan sosial maupun komunikasi dengan orang lain akan sangat sulit, oleh karena itu pentingnya peran Aplikasi Multiplatform dalam sarana Sosial dan Komunikasi.

Sebagai contoh Aplikasi Multiplatform dalam sarana Sosial dan Komunikasi yaitu WhatsApp, Facebook, Line, dan Instagram. Aplikasi tersebut merupakan beberapa aplikasi yang cukup sering digunakan masyarakat dalam bersosialisasi dan berkomunikasi satu sama lain.

Selain bersosial dan berkomunikasi, dengan menggunakan aplikasi tersebut juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru dengan cara berjualan dengan memanfaatkan Aplikasi tersebut, tergantung bagaimana kita memanfaatkan kemajuan teknologi.


Aplikasi Multiplatform dalam Sarana Pendidikan

Dalam dunia pendidikan juga tidak luput akan majunya perkembangan zaman, karena pendidikan pada saat ini dapat diperoleh tidak hanya dengan cara tatap muka. Namun bisa via Online karena dirasa lebih efisien dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.

Ada istilah dalam dunia pendidikan yaitu "E-Learning" yaitu dengan memanfaatkannya teknologi informasi dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.

Bisa kita bayangkan betapa mudahnya dalam mendapatkan ilmu pada Era Digital saat ini, hanya saja membutuhkan tekad yang kuat dalam menjalaninya. Karena dalam dunia Digital ada pula hal-hal yang dapat menimbulkan hal negatif didalamnya.

Sebagai contoh Aplikasi Multiplatform dalam sarana Pendidikan yaitu Quipper, Ruang Guru, Edmodo, Krya.id. Aplikasi tersebut merupakan beberapa aplikasi yang cukup sering digunakan masyarakat dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dalam lingkup "E-Learning".


Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana Merupakan salah satu Universitas Swasta terbaik yang ada di Jakarta, Indonesia. Mengapa demikian, karena Universitas Mercu Buana memiliki banyak keistimewaan yang patut dibanggakan.

Untuk fasilitas yang ada di Universitas Mercu Buana bisa dikatakan sangat mumpuni, karena disetiap Fakultas sangat didukung dengan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan. Banyak juga Beasiswa yang ditawarkan di Universitas Mercu Buana, salah satunya ada beasiswa full 4 Tahun yang dapat kalian dapatkan ketika awal masuk perkuliah, ada pula beasiswa lain yang beraneka ragam jenisnya.

Untuk lebih mengenal Universitas Mercu Buana kalian dapat mengunjungi situs resminya yaitu www.mercubuana.ac.id  Dalam situs resmi Universitas Mercu buana menjelaskan dan memberikan Informasi yang berkaitan dengan Universitas.
Kenapa sekarang malah membahas Universitas Mercu Buana ?
Jawabannya cukup sederhana, selain memberikan wawasan akan peran Aplikasi di Era Digitasl kepada masyarakat, juga dalam ajang lomba yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu buana.


Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana mencakupp 2 program studi, yaitu Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana sangat didukung dengan fasilitas-fasilitas yang mumpuni.

Tak luput juga dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Fakultas Ilmu Komputer, kalian dapat melihat kegiatan apa saja yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu buana pada website Fasilkom sendiri yaitu fasilkom.mercubuana.ac.id/.
Apasih kesimpulan dari artikel ini ?
Era Digital merupakan Era dimana pemanfaatan teknologi sangat digunakan, penggunaan teknologi dapat mencakup banyak sarana demi membuat masyarakat lebih maju dan paham akan perkembangan zaman yang terjadi.

Universitas Mercu Buana sangat mendukung akan transformasi digital yang terjajdi pada saat ini, bahkan kegiatan belajar mengajar di Universitas Mercu Buana sudah menggunakan sistem E-Learning, itulah salah satu bukti bahwa Transformasi Digital yang ada di Universitas Mercu Buana.


Semoga Artiket yang saya tulis dapat bermanfaat bagi kalian. Jika ada pertanyaan kalian dapat bertanya melalui comment, dan jika kalian merasa postingan ini menarik sobat dapat subscribe blog ini dengan memasukan email sobat. dan jangan lupa untuk share jika bermanfaat.

Jangan lupa untuk mengikuti Fanspage Facebook Kotak Baku > https://www.facebook.com/kotakbaku/. untuk mengikuti aktivitas dari Kotak Baku dan info-info menarik dari kami. Terima Kasih.

Kotak Baku merupakan blog yang saya gunakan untuk menyampaikan informasi-informasi yang dirasa dapat bermanfaat bagi kita semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

No comments:

Post a Comment